Apa yang Terjadi pada Tubuh ketika Kekurangan Sayuran & Buah

Buah dan sayur adalah jenis makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga saat kita kekurangan buah dan sayur, tubuh kita akan mengalami gangguan. Diantaranya beberapa hal yang dilansir dari halallifestyle.id menurut pakar kesehatan dr. Reisa Broto Asmoro berikut ini:

1. Daya tahan tubuh akan menurun
Kandungan mineral dan vitamin dalam sayur dan buah mengantung zat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Osteoporosis
Orang yang jarang makan buah dan sayuran tubuhnya akan mudah menderita penyakit osteoporosis, sebab tubuh kekurangan vitamin D dan kalsium. Untuk mencegah osteoporosis bisa dilakukan dengan cara rajin mengonsumsi wortel, apel, kuntum brokoli, peterseli, serta buah dan sayuran segar lainnya.

3. Badan cepat letih
Badan akan cepat letih dan lesu karena kurangnya asupan buah dan sayur. Hal ini disebabkan tubuh kita ‘miskin’ vitamin B kompleks, vitamin C, E, seng, besi, magnesium, dan potasium. Supaya fisiknya tetap bugar dan fit, orang itu harus rajin mengonsumsi jus wortel, jahe, bayam, peterseli, selada air, buah apel, jeruk, leci, kiwi, dan buah atau sayuran lainnya.

4. Mudah terkena flu dan batuk
Karena daya tahan tubuh menurun, akhirnya flu dan batuk mudah menyerang. Tubuh kekurangan vitamin C, betakaroton, dan seng. Orang yang terjangkiti penyakit flu hendaknya mengobati sakitnya dengan mengonsumsi buah jeruk, jambu biji dan jambu air, pepaya serta makanan nabati lainnya.

5. Pencernaan tidak lancar
Buah dan sayur membantu proses pencernaan. Jika kita mengalami sembelit, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung asam folat dan betakaroten. Untuk menyingkirkan gangguan pencernaan dalam tubuh dianjurkan rajin mengonsumsi wortel, lobak cina, sel