Agar Anak Terhindar dari Tayangan Tidak Baik

Saat ini, nggak sedikit orang tua yang membiarkan balitanya memegang handphone sendiri dan memilih tayangan kesukaan mereka. Apakah Bunda salah satu orang tua yang melakukan hal ini?

Sebenarnya, selama kontennya positif tidaklah jadi masalah. Karena lewat tayangan-tayangan di Youtube atau channel lain, anak bisa belajar banyak hal. Negatifnya, ketika anak bertemu dengan channel yang memiliki konten tidak baik atau tidak sesuai usianya.

Untuk menghindari hal negatif pada anak. Inilah hal yang bisa Bunda coba lakukan:

1. Usahakan selalu mendampingi anak saat bermain gadget. Kalau bisa, jangan biarkan anak tahu cara mengoperasikan gadget. Jadi dia selalu minta tolong Bunda untuk memilihkan tayangan.

2. Kalau dia terlanjur bisa mengoperasikan gadget sendiri, pilihlah tayangan yang sesuai usia dia. Misalnya konten berupa pembelajaran, nyanyian dsb. Setting youtube menjadi mode terbatas agar lebih aman.

3. Berikan arahan pada anak mengenai apa yang sebaiknya dia tonton dan ambil hikmah atau pesan apa yang ingin disampaikan tayangan tersebut. Jadi anak bisa bermain sambil belajar.

4. Yang tak kalah penting adalah batasi waktu bermain anak dengan gadget. Sebaiknya anak banyak diajak bermain permainan yang melatik saraf motorik halus dan kasarnya. Misalnya bermain di halaman atau bermain dengan mainannya.

Semoga bermanfaat! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *