6 Cara Ini Terbukti Mampu Mengasah Kreatifitas Anak

Memiliki anak yang emiliki daya kreativitas tinggi tentu menjadi impian setiap ibu. Melihat anak-anak bertanya, bertingkah laku dengan kreatifitas akan menimbulkan kebahagiaan tersendiri.

Berikut ini tips mendidik anak menjadi kreatif dalam kesehariannya:

1. Tidak membatasi ruang gerak anak
Sifat anak-anak adalah suka mencoba hal baru dan tidak suka dibatasi. Jika anak terlalu dikekang dengan aturan ini-itu; hasilnya adalah sosok anak yang takut melakukan sesuatu karena larangan-larangan yang orang tua selalu sampaikan padanya. Oleh karena itu, biarkan anak bergerak sesuai keinginannya. Akan tetapi, tetap awasi mereka agar kreativitasnya tidak membahayakan atau bersifat merusak.

2. Memberikan pengarahan-pengarahan yang sifatnya logis
Anak yang kreatif indentik dengan karakter aktif; sedangkan anak yang aktif memiliki kecenderungan intelegensi yang tinggi. Mendidik anak menjadi kreatif dapat dilakukan dengan membiasakan diri untuk mengarahkan anak dengan hal-hal yang logis dan positif agar si anak terbiasa dengan hal-hal semacam itu.

3. Tenangkan diri sebelum menasehati anak
Banyak orangtua yang menasehati anak-anaknya dengan melibatkan emosi. Alih-alih membuat anak jera, yang ada justru anak akan semakin membangkang, atau menjadi sosok pendiam dengan kreativitas rendah. Menenangkan diri terlebih dahulu sebelum menasehati anak akan membuat mereka lebih nyaman sehingga apa yang kita sampaikan bisa diterima dengan lebih mudah.

4. Sabar dan tekun
Anak-anak terkadang berulangkali melakukan kesalahan sama. Sebagai ibu, hendaklah tak pernah bosan mengingatkan dan meluruskan kesalahan anak, tentu dengan metode seperti yang disebutkan sebelumnya. Hal ini akan membuka wawasan dan kreativitas anak tentang bagaimana ia harus berperilaku.

5. Liburan kreatif
Sesekali, ajaklah anak-anak ke tempat-tempat yang unik, misalnya tempat wisata dengan fasilitas outbond, sentra kerajinan tangan, tempat wisata alam, dan sejenisnya. Usahakan mencari referensi tempat-tempat baru agar anak terus mendapat masukan baru.

6. Ajarkan permainan yang kreatif
Permainan adalah salah satu cara efektif mendidik anak menjadi kreatif. Ajarkan anak-anak permainan yang mengasah kreativitas mereka. Di era modern ini, ada banyak referensi yang bisa Bunda dapatkan, misalnya dari majalah, buku, dan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *