5 TANDA MEMBESARKAN ANAK MANJA

Semua orangtua menginginkan anak yang mandiri. Namun tanpa mereka sadari, ada pola asuh yang justru membuat anak tumbuh menjadi anak manja.
 
 
Apa saja perilaku orang tua yang secara tidak disadari membuat anak manja? Simak penjelasannya berikut ini ya Bunda 🙂
 
 
1. Membiarkan perilaku ‘nakal’ anak
 
 
Pernahkah Bunda membiarkan anak berulah? Apabila pernah, sebaiknya mulai sekarang perlakuan seperti ini dihindari ya Bunda. Karena secara tidak langsung Bunda mengajarkan anak untuk menjadi anak yang manja.
 
 
Jangan pernah berdalih “biarkan saja, namanya juga anak kecil. Perkataan seperti ini ternyata akan terbawa terus hingga anak dewasa lho, Bunda 🙂
 
 
 
2. Tidak merelakan mereka dewasa
 
 
Membahagiakan anak sudah pasti keinginan semua orang tua. Tapi, Bunda harus mengerti bahwa kehidupan si Kecil akan terus tumbuh dan berkembang menjadi dewasa.
 
 
Maka dari itu jangan hanya memberikannya yang manis-manis saja. Mulailah memberikan tugas dan tanggung jawab bagi anak.
 
 
3. Tidak berani ‘menyalahkan’ si kecil
 
 
Si kecil jatuh dan menangis, lalu Bunda berusaha mendiamkannya dengan berkata “Uh lantainya nakal ya? Nih bunda pukul ya!”
 
 
Anak kecil memang makhluk yang lucu, sulit rasanya untuk menyalahkan mereka. Namun terus menerus menyalahkan orang atau benda lain ketika memang mereka dengan sengaja melakukan suatu kesalahan bukanlah hal yang bijak.
 
 
 
4. Selalu melayani
 
 
Seiring dengan bertambahnya usia mereka, Bunda harus mengajarkan kemandirian kepadanya.Untuk mencegahnya menjadi anak yang manja cobalah dari hal-hal kecil. Misalkan, mengajarkannya merapikan mainannya sendiri.
 
 
5. Tidak berani berkata ‘tidak’
 
 
Memang, ada sebuah konsep pola asuh yang mengajarkan orangtua untuk mengganti kata ‘tidak’ dengan kalimat lain yang lebih bermakna positif.
 
 
Namun, jika Bunda berlebihan melakukannya dan sama sekali tidak pernah mengatakan ‘tidak’ pada si kecil, dikhawatirkan ia hanya terbiasa mendengar ‘Ya’ dalam hidupnya.
 
 
Hal ini membuatnya menjadi takut terhadap bentuk penolakan ketika nanti ia dewasa. Awalnya, si kecil mungkin akan merasa kecewa saat Bunda menolak permintaannya. Namun justru dari kekecewaan itu ia akan mendapat pelajaran hidup yang membuatnya lebih dewasa.
 
 
Source: id.theasianparent.com
 
 
—————————————-
 
PUSAT INFORMASI DAN PENDAFTARAN KEAGENAN:
 
 
ZETA OUTFIT
 
 
Jl. Cigugur Girang No. 218 – Bandung, ID
Telp: (022) 2027-0123
SMS/WhatsApp: 082116800967 | Klik di sini untuk langsung terhubung ke whatsapp admin Zeta: http://bit.ly/zetaoutfit_whatsapp
PIN BB: d6df7d50 | Klik di sini untuk langsung terhubung ke BBM admin Zeta: http://bit.ly/zetaoutfit_bbm
Line@: zetaoutfit | Klik di sini untuk langsung terhubung ke line admin Zeta: http://bit.ly/zetaoutfit_line
Instagram: @zetaoutfit | Klik di sini untuk langsung terhubung ke instagram admin Zeta: http://bit.ly/zetaoutfit_ig
Website: https://www.zetaoutfit.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *